CRITICAL
REVIEW WEEK 10-3
Jurnal ini berjudul
Corporate Governance and the Responsibility of the
Board of Directors for Strategic Financial Reporting (Tata
Kelola Perusahaan dan Tanggung Jawab Direksi Strategis Pelaporan Keuangan) oleh James C. Gaadari
Jurnal
ini ini berfokus pada elemen penting dari strategi
komunikasi dalam konteks
pelaporan
keuangan: kemungkinan
bahwa orang dalam perusahaan dapat
mempertimbangkan
kepentingan mereka, atau untuk kepentingan stakeholder tertentu, untuk mengubah
atau memanipulasi informasi keuangan yang mengungkapkan secara terbuka.
Baik secara implisit maupun eksplisit ,
perusahaan pasti memiliki
strategi untuk berkomunikasi dengan eksternal pemangku kepentingan .
Strategi ini mencakup berbagai jenis
informasi
dan pemangku kepentingan kelompok . A mendasar masalah yang berkaitan
dengan strategi komunikasi
apakah
( dan jika demikian , bagaimana dan mengapa ) strategi ini dapat termasuk perubahan
strategis atau manipulasi
informasi
yang diungkapkan kepada para pemangku kepentingan . meskipun literatur tentang tata
kelola perusahaan alamat perusahaan
pengungkapan
,ia melakukannya pada tingkat umum , dan tidak tidak mengatasi masalah
manipulasi perubahan strategis
informasi
. Literatur akuntansi pada
manajemen
laporan keuangan sangat luas, namun tidak untuk sebagian besar membahas
aspek-aspek etis dari praktek ;
tetapi
menganggap bahwa keputusan untuk terlibat dalam manajemen laporan
keuangan adalah tanggung jawab
manajemen
, dan dewan direksi tidak
bertanggung
jawab . Artikel ini membawa dua literatur ini bersama-sama untuk menguji masalah
tata kelola yang (
manajemen atau dewan direksi ) harus memutuskan apakah akan terlibat
dalam pengelolaan laporan keuangan ,
dan
jika demikian , harus menentukan parameter . Tugas manajemen , menurut
analisis ini , adalah untuk melaksanakan strategi komunikasi board , kekuatan
yang termasuk
manajemen laporan keuangan setidaknya beberapa keadaan
Salah satu
prinsip dasar tata kelola perusahaan yang baik adalah transparansi, yaitu,
pengungkapan informasi pribadi kepada pemangku kepentingan eksternal, sehingga
mereka dapat membuat penilaian dan keputusan yang berkaitan dengan korporasi.
Sama pentingnya, tapi kurang dibahas, adalah nilai bersaing bahwa perusahaan
perlu untuk melindungi rahasia yang sah. Korporasi sehingga membutuhkan
strategi komunikasi untuk berurusan dengan pemangku kepentingan eksternal yang
membahas konflik antara pengungkapan dan kerahasiaan Artikel ini berpendapat
bahwa direksi bertanggung jawab untuk merumuskan (dan monitoring ) strategi
komunikasi korporasi, dan manajemen bertanggung jawab untuk melaksanakannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar